Cara Menghadapi Konsumen Berdasarkan Kepribadiannya

A picture of each difficult customer personality type

Semua pebisnis khususnya yang baru saja merintis usaha, pasti memiliki berbagai macam rintangan, salah satunya yaitu menghadapi karakter konsumen yang berbeda-beda. Berikut ini beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk menghadapi masalah tersebut :

1. Tipe Tukang Komplain

  • Ciri-cirnya yaitu aura negatif, keras kepala, lantang, tidak mau disalahkan, membenci alasan, dll
  • Solusi : Dengarkan dan perhatikan keluhan yang sedang dia sampaikan. Sambil mencatat. Biarkan mereka curhat. kemudian ucapkan kembali apa yang mereka keluhkan seolah-olah anda memahami persoalannya.


2. Tipe Terlalu Penurut

  • Ciri-ciri yaitu aura positif, sopan, menghindari konflik, siap disalahkan, ragu-ragu
  • Solusi :   Gunakan pertanyaan yang bersifat menggali untuk mendapatkan jawaban yang lebih dalam ketika seorang pelanggan selalu berkata 'ya'. Yakinkan mereka bahwa anda senang mendapatkan feedback mereka.


3. Tipe Sok Tahu

  • Ciri-cirinya yaitu tahu segalanya, cerdas, merendahkan, senang bersaing,sering riset
  • Solusi : Biarkan si ahli mengatakan yang dia tahu tentang bisnis anda dan jangan diambil hati. Ajukan pertanyaan. Gunakan pernyataan klarifikasi. Beri mereka opsi lain.


4. Tipe Pesimis

  • Ciri-cirinya yaitu aura negatif, susah ditaklukan, berpendirian keras, bimbang, cerdas
  • Solusi : semua hal positif yang anda jelaskan, bagi si pesimis pasti masih ada celahnya. Tetap selalu positif dan tunjukan jalan yang "terang" pada dia dalam sebuah percakapan.


5. Tipe Berdalih

  • Ciri-cirinya yaitu suka bimbang, terlalu waspada, perlu diyakinkan
  • Solusi : Gali terus apa yang dia butuhkan dan berikan solusi yang tepat. Berikan semua penjelasan yang mereka butuhkan sehingga dia bisa memilih produk yang tepat. Jangan memaksa.

Comments

Popular posts from this blog