Cara Menghadapi Konsumen Berdasarkan Kepribadiannya
![A picture of each difficult customer personality type](https://www.patlive.com/blog/wp-content/uploads/2015/09/5difficultPersonalities.png)
Semua pebisnis khususnya yang baru saja merintis usaha, pasti memiliki berbagai macam rintangan, salah satunya yaitu menghadapi karakter konsumen yang berbeda-beda. Berikut ini beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk menghadapi masalah tersebut :
1. Tipe Tukang Komplain
- Ciri-cirnya yaitu aura negatif, keras kepala, lantang, tidak mau disalahkan, membenci alasan, dll
- Solusi : Dengarkan dan perhatikan keluhan yang sedang dia sampaikan. Sambil mencatat. Biarkan mereka curhat. kemudian ucapkan kembali apa yang mereka keluhkan seolah-olah anda memahami persoalannya.
2. Tipe Terlalu Penurut
- Ciri-ciri yaitu aura positif, sopan, menghindari konflik, siap disalahkan, ragu-ragu
- Solusi : Gunakan pertanyaan yang bersifat menggali untuk mendapatkan jawaban yang lebih dalam ketika seorang pelanggan selalu berkata 'ya'. Yakinkan mereka bahwa anda senang mendapatkan feedback mereka.
3. Tipe Sok Tahu
- Ciri-cirinya yaitu tahu segalanya, cerdas, merendahkan, senang bersaing,sering riset
- Solusi : Biarkan si ahli mengatakan yang dia tahu tentang bisnis anda dan jangan diambil hati. Ajukan pertanyaan. Gunakan pernyataan klarifikasi. Beri mereka opsi lain.
4. Tipe Pesimis
- Ciri-cirinya yaitu aura negatif, susah ditaklukan, berpendirian keras, bimbang, cerdas
- Solusi : semua hal positif yang anda jelaskan, bagi si pesimis pasti masih ada celahnya. Tetap selalu positif dan tunjukan jalan yang "terang" pada dia dalam sebuah percakapan.
5. Tipe Berdalih
- Ciri-cirinya yaitu suka bimbang, terlalu waspada, perlu diyakinkan
- Solusi : Gali terus apa yang dia butuhkan dan berikan solusi yang tepat. Berikan semua penjelasan yang mereka butuhkan sehingga dia bisa memilih produk yang tepat. Jangan memaksa.
Comments
Post a Comment